-->

Membuat Battery HP Awet dan tahan lama


hai...
ketemu kembali sama aku ya...maaf lama gk bikin postingan baru...
kali ini aku luangkan waktu sejenak untuk berbagi Tips dan Trick buat kalian semua. Gak usah panjang lebar, sekarang kita lagi bahas soal BATTERY Handphone kita yg sering kali boros.
Ada bermacam faktor penyebab Battery kita boros loh....bahkan bisa disebabkan Handphone kita....OK aku mulai ya...
Begini,..Battery itu bisa di ibaratkan "Gentong" penyimpanan air atau bahkan mirip "perut" manusia, Maka jangan sering melakukan pengechasan atau kelamaan mengechasnya. Bisa kena penyakit "MAAG" nanti. hahaha...
jadi, pada saat kita mengeChas HP kita usahakan kita berpatokan pada indikator battery pada layar HP kalian. selama indikator menunjukkan tanda bergerak/berkedip tanda HP sedang melakukan pengechasan...biarkan saja dan jangan di cabut chasnya. Chas Boleh dicabut kalau indikator menyatakan bahwa battery sudah penuh dengan tanda2 indikator sudah berhenti dari bergerak atau berkedip.
Kenapa demikian ? : karena kalau kalian cabut chas pada saat Battery masih melakukan "pengisian"..berarti battery tersebut belum sepenuhnya penuh kan..?? jadi bisa dipastikan battery anda akan segera habis lagi kan..? maka anda pasti akan mengechas nya lagi.
Jadi berapa kali anda akan melakukan pengechasan dalam sehari atau seminggu atau sebulan..? banyak bukan..? dan pada akhirnya battery anda akan segra rusak. KETAHUILAH pengecasan bisa mengurangi "UMUR" dari battery tersebut.sebab salah satu "unsur"dari pada umur battery adalah dihitung dari berapa kali kita melakukan pengechasan. Ibaratnya sama persis dengan umur manusia yg suka merokok....Satu batang Rokok bisa mengurangi 1 jam umur manusia.(bayangkan kalau sehari satu bungkus...dan kalikan satu tahun...dst).
 Demikian juga halnya dengan Battery,hindari melakukan pengechasan yg terlalu sering.

>>>Jadi yg harus kita lakukan pada Battery kita adalah : 

 A. jangan sering melakukan pengechasan.
B.lakukan pengechasan pada saat battery dalam keadaan benar2 "habis" atau indikator battery menyatakan tinggal satu.
C. Cabut/hentikan pengechasan pada saat indikator menyatakan bahwa battery sudah penuh. (banyak kasus terlalu lama meninggalkan battery dalam keadaan sedang di chas...sehingga battery menjadi menggelembung). ini dikarenakan sistim auto stop pada battry sudah tdk responsip, maka yg seharusnya arus listrik dari charger berhenti pada saat battery penuh...tdk berhenti. Akhirnya arus listrik charger terus masuk ke battery...sehingga merusak sel2 battery yg mana tugas sel2 battery adalah menyimpan arus listrik...kalau sudah demikian maka sel2 tersebut tidak bisa lagi menyimpan arus listrik. sehingga meski indikator "memperlihatkan" battery penuh...tetapi apa bila dipakai langsung cepat habis. (Penampakan battery yg rusak bisa juga terlihat dari fisik yg menggelembung,tetapi bisa juga tidak nampak menggelembung alias biasa2 saja.).

>>>settingan pada Handphone:
A. menu2 pada settingan HP kita juga bisa mempengaruhi pada boros tdknya pemakaian arus listrik pada battery kita.
salah satunya adalah Fitur : GETAR,LAMPU,DERING KERAS,KONTRAS.
Juga Applikasi2 yang di minimzise seperti facebook,twitter..dll.
apabila kalian me-nonaktifkan atau mengecilkan salah satu fitur diatas,maka akan berkurang pemakaian arus listrik yg bisa menyebabkan battery boros.
B. Apabila anda sedang berada di suatu lokasi yg tdk ada jaringan, sebaiknya anda matikan HP anda...karena apabila HP tdk mendapat jaringan maka yg dilakukan HP anda adalah melakukan SEARCH terus menerus yg mana IC signal terus bekerja mencari signal/jaringan yg mana membutuhkan banyak daya energi pada Battery. dan hal ini sangat besar pengaruhnya terhadap terkurasnya energi pada battery HP anda.Demikian sekilas Tips dan Trick kali ini dari saya...sekarang saya harus meninggalkan kalian dulu melanjutkan pekerjaan mencari sesuap nasi. he he he he.... sampai ketemu di lain kesempatan dalam "berbagi ILMU dan CERITA".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar